Saturday, September 5, 2015

Aneka Resep Kue Nastar Tradisional (Klasik)


Kue kering berbentuk bulat yang berisi selai nanas ini memang disukai banyak kalangan, muda tua dan anak-anak menyukai kue nastar. Setiap gigitan kue nastar berasa lumer di mulut. Kue kering ini menjadi pelepas rindu bersama keluarga saat lebaran tiba. Kue ini tidak terlalu sulit tapi butuh kesabaran karena harus membentuk bulatan-bulatan kecil.

200 gram mentega (margarine juga bisa)
250 gram tepung serbaguna
1 sdm tepung tapioka/sagu
1 sdm susu bubuk
50 gram gula halus
selai nanas (untuk isian)
1 buah kuning telur (untuk olesan)
1 sdm susu cair (untuk olesan)


  1. campur mentega, gula halus, dan susu bubuk.. aduk rata (sampai mentega terlihat mulai putih), masukka tepung terigu dan tapioka yang sudah diayak ke dalam adonan, aduk rata memakai spatula atau sendok kayu.
  2. bentuk adonan bulat-bulat dan isi selai nanas. panggang selama 30 menit, saat nastar setengah matang, keluarkan dan oles dengan kuning telur dan susu cair yang sudah diaduk. panggang kembali. angkat, dinginkan dan masukkan ke dalam toples kedap udara.
  3. apabila adonan masih susah dipulung, bisa ditambahkan sedikit tepung terigu. selamat mencoba


Pastikan dalam proses pemilihan bahan kue nastar ini berkualitas. Mentega mempunya pengaruh yang kuat pada hasil kue nastar ini. Jika anda beli kue nastar di pasaran, rasa yang anda dapatkan jauh berbeda dengan kue yang anda buat sendiri. Karena, pilihan mentega, susu dan gula halus  yang terbaik akan menghasilkan rasa terbaik pula. Di pasaran, komposisi bahan banyak yang berkurang karena dalih keuntungan. Dalam pembuatan selai nanas, yang perlu anda perhatikan adalah pemilihan nanas. Nanas yang berukuran besar dan memiliki kadar air sedikit. Untuk menghasilkan bulatan yang sama. Sebelum dipulung bisa anda gunakan timbangan digital atau ambil sesuai selera. Seriring banyaknya resep nastar hasil kreasi para pecinta kue, kue nastar klasik tetap menjadi favorit.  Padupadan mentega dan susu bubuk akan terasa aroma susunya. Jadi,upayakan sesuai dengan kadar bahan ya. Selain lebaran, anda bisa membuat aneka resep kue nastar ini kapan saja karena kue tidak lekang zaman. Selamat mencoba 

No comments:

Post a Comment