Thursday, December 31, 2015

Cara Membuat Resep Kue Panada Khas Manado yang Lezat

Cara membuat, resep kue Panada khas Manado - Siapa yang tidak kenal kue khas dari Sulawesi Utara, Manado. Indonesia memiliki kekayaan ragam kue dari penjuru nusantara. Kue Panada memang populer selain kue klappertaart. Dilihat dari sejarah, kue ini memiliki pengaruh kuliner Belanda. Bentuknya mirip pastel tapi tidak diisi dengan aneka sayuran. Kalau panada diisi dengan ikan laut cakalang diberi bumbu panpis. Ikannya disuir kecil-kecil. Sama halnya seperti kue paster yang terdiri dari bahan kulit dan isi kemudian digoreng sampai tepian panada garing dan terasa kriuknya. Meski hampir sama dengan kue pastel tapi rasanya tetap jauh berbeda. 

Kue panada cocok dimakan bersama cocolan saus. Namun, bagi orang manado diberi cabe banyak sesuai selera. satu kue panada yang anda makan membuat anda kenyang, seperti makan nasi. Namun, kue ini tetap cocok digunakan sebagai kudapan sore saat santai bersama orang tercinta sambil menonton televisi atau ngobrol bareng. Nah, penasaran kan gimana bahan dan proses pembuatannya?

Simak yuk:
cara-membuat-resep-kue-panada

Cara Membuat, Resep Kue Panada Khas Manado

Bahan roti :

Terigu protein sedang 500 gr
Gula pasir 125 gr
Ragi instan 1sdm
Telur 2 butir
susu UHT ±200 ml (bisa diganti santan)
Mentega ±70 gr
garam 1/4sdt

Bahan isian :

Ikan tuna bakar, disuwir halus ±250 gr
Bawang merah 4 siung
bawang putih 2 siung
Cabe merah 2 (bisa diganti cabe rawit)
Santan 250 ml
Daun pandan 1 lembar diiris tipis
daun kemangi 5 lembar 
Garam secukupnya

Cara membuat kue:

Roti:

Campur semua bahan kering. Tambahkan telur dan susu. Uleni sampai setengah kalis. Tambahkan mentega dan garam. Uleni terus sampai kalis elastis. Diamkan adonan sampai mengembang dua kali lipat. 
Setelah mengembang, kempiskan adonan. Bagi-bagi adonan mnjadi beberapa bagian (besarnya sesuai selera), bulatkan.
Istirahatkan 5 menit. Isi masing2 bagian dengan bahan isian. Tutup dgn dipilin ujungnya seperti bentuk pastel. Diamkan 5 menit (jangan sampai over, karena nanti keriput kulitnya).
Goreng dalam minyak banyak dgn api kecil-sedang.

Isian:

Haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabe.
Tumis sampai harum. Masukkan ikan, santan, pandan, dan kemangi. Aduk2 sampai santan terserap habis dan ikan cukup kering.

Kandungan gizi dalam kue ini sangat baik untuk tubuh. ada ikan tuna di dalam kue panada. Sebenarnya kue ini harus ada ikan cikalang, tapi jika tidak ada bisa diganti dengan yang lainnya seperti ikan tuna diatas, atau kalau ingin lebih hemat lagi, anda bisa menggantinya dengan ikan tongkol yang harganya sangat terjangkau. Kandungan omega dalam ikan sangat baik untuk asupan gizi keluarga. Jadi, jangan ragu untuk praktek cara membuat resep kue panada khas manado yang lezat.  


No comments:

Post a Comment