Monday, January 18, 2016

Resep Kue Kacang Renyah

Resep kue kering kacang sering kita jumpai pada hidangan hari-hari besar. Kue yang satu ini menjadi kue spesial sejak zaman nenek moyang kita. Entah bermula tahun berapa, yang jelas keberadaan kue ini selalu diperhitungkan. Sepertinya memang tidak lengkap jika di hari besar tidak ada sajian kue ini. Jika anda berada jauh dari keluarga besar. Kue ini selalu dirindu. Keunikan kue kacang ini pada rasa jadul khas kacang yang tak tergantikan dengan kue buatan pabrik. 

Resep kue kering kacang 
Aneka bentuk kue kacang ini seperti bulan sabit, bintang, lingkaran atau lainnya Kue kacang ini kerap disebut dengan kue jadul karena rasa kacangnya murni, aroma minyak pada kacang membuat rasanya begitu legit saat digigit. Adonan bahan dari kacang ini sangat sederhana dan mudah anda temukan di toko yang menjual bahan kue. Kue kacang ini memang menjadi pelengkap saat berkumpul ddengan keluarga saat lebaran atau pada waktu memperingati moment spesial. Kue kacang yang digunakan sebagai bahan utama bisa menggunakan kacang kupas tanpa kulit atau kacang yang masih ada kuenya. Nah simak saja langsung yuk, proses pembuatannya:

cara membuat resep kue kacang renyah


Bahan kue kacang :
1 resep adonan dasar kulit
100 gram kacang tanah kupas
1.000 ml air
75 gram gula pasir
1 lembar daun pandan
½ sdt garam
3 sdm minyak goreng
10 gram tepung terigu sangrai

Cara Membuat kue kacang:
  1. Rebus kacang tanah dalam 1.000 ml air dalam panci bertekanan tinggi selama 25 menit.
  2. masukkan gula, daun pandan, dan garam lalu blender halus.
  3. tuang ke wajan teflon dan aduk sampai kering dan kalis. Masukkan minyak goreng. Aduk sampai kering, angkat, lalu dinginkan.
  4. Tambahkan tepung sangrai lalu bulatkan.
Pastikan anda memilih kacang berkualitas supaya hasil kue memuaskan karena jika kacang digunakan  adalah kacang yang tidak berkualitas, hasil kue tidak terlalu bagus. Selain itu, untuk menghasilkan kue kacang yang renyah, empuk dan tahan lama, pastikan tepung disangrai terlebih dahulu. 


No comments:

Post a Comment